Tips Lolos Daftar Seleksi PPG 2019

KabarGuru.com-Terimakasih pembaca setia Kabar Guru yang telah banyak mendapatkan informasi tentang guru yang terupdate saat ini. Kali ini akan membahas bagaimana cara daftar sebagai calon peserta seleksi akademik ppg 2019. Jika anda lolos dalam seleksi dan mengikuti pretes ppg semoga lancar dan bisa menjadi guru profesional. Amiinn…

Pastinya anda sudah membaca syarat yang ditentukan dan sudah membuka akun SIM PKB anda, jika centang hijau semua berarti lanjut mendaftar dan jika ada silang merah berarti anda belum bisa melanjutkan pendaftaran calon peserta seleksi akademik ppg tahun 2019. Tips yang akan saya bagikan ini semoga bisa membuat anda lebih berhati-hati dalam melakukan pendaftaran.

Pertama sebelum anda melakukan pendaftaran sebaiknya anda baca syaratnya sampai paham dan berulang mencari informasi mengenai pendaftaran ini. Ikuti group atau komunitas yang membahas masalah seleksi ppg untuk mendapatkan informasinya. Jangan langsung mendaftar, upload dan kirim karena masih banyak waktu yang tersisa.

Kedua Persiaspkan berkas dan file pendukung anda sebelum mengisi, misalnya ijasah dan sk guru tetap beserta filenya. Mengapa harus dipersiapkan dahulu, karena nanti membutuhkan waktu berpikir dan upload file scan, apakah anda menunggu sambil scan. Selain itu berkas yang disiapkan untuk melihat saat mengisi data yang akan diisikan saat online, isi dengan cermat jika sudah yakin benar baru kirim.

Ketiga Jika anda sudah kirim dan mencetak bukti pendaftaran harap juga pantau terus akun SIM PKB anda. Karena proses diterima atau ditolak sebagai calon peserta akademik juga didalam akun sim pkb.

Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut.
a. “Diterima” jika bidang studi PPG yang dipilih linier dengan program studi pada ijazah S-1/D-IV dan memiliki SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap.
b. “Ditolak” jika bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV dan tidak dimungkinkan adanya perbaikan atau/serta tidak dapat menunjukkan SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap sampai batas waktu verifikasi berakhir. Contoh kasus : Guru dengan kualifikasi akademik S- 1/D-IV Hubungan Internasional tidak linier dengan bidang studi PPG yang tersedia.
c. “Diperbaiki’ jika bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijasah S-1/D-IV tetapi dimungkinkan adanya perbaikan dan/atau tidak melampirkan SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap.
Contoh kasus: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Bahasa Inggris memilih bidang studi PPG Guru Kelas SD, maka agar dapat diterima sebagai peserta seleksi kemampuan akademik, guru harus
memperbaiki pilihan bidang studi PPG menjadi Bahasa Inggris. Perbaikan data ajuan dapat dilakukan paling lambat 26 Oktober 2019.

Baca juga

Ringkasan
Tanggal
Tentang
PPG 2019
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of