Lolos Diklat PPG Jadi CPNS atau PPPK?? Mungkinkah..?

Semua guru ingin lolos Diklat PPG mendapatkan sertifikat pendidik dan menerima tunjangan. Semua guru juga ingin menjadi PNS, PPPK juga yang disebut pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebelum masuk pembahasan judul tentang mungkinkah lolos PPG bisa menjadi CPNS (dibahas cpns). Sebelum anda melanjutkan membaca ditekankan bahwa ini hanya asumsi untuk kedepannya. Jangan lupa SUBSCRIBE hehe kayak melihat Youtuber saja…

Fenoma yang terjadi tahun 2018 pada penerimaan cpns 2018 sertifikat pendidik pernah dijadikan pengganti tes skb, mungkinkan. Perangkingan juga dilakukan meskipun tidak lolos passing grade, mungkinkan. Berarti lolos diklat PPG suatu saat juga bisa mungkin jadi cpns ( ditekankan lagi ini hanya asumsi, bisa jadi mungkin).

Melihat syarat menjadi calon peserta akademik ppg 2019 tidak jauh beda dengan syarat tes cpns, mulai dari ijasah yang linear, usia, pretes ppg sampai diklat ppg sampai mendapatkan sertifikat pendidik. Semoga semangat bagi bapak dan ibu guru yang melaksanakan diklat ppg.

Belajar dari Honorer K2 yang menginginkan diangkat menjadi cpns tanpa tes yang sampai saat ini tidak terealisasi karena untuk menjadi cpns harus melalui tes kompetensi agar tidak melanggar Undang-undang. Sekarang kita masuk pada proses penjaringan peserta diklat ppg kita bandingkan dengan proses perekrutan cpns. Mulai dari ijasah yang linear dan sarjana sudah terpenuhi, untuk tes kompetensi sudah tergantikan dengan pretes ppg yang juga harus memenuhi nilai yang ditentukan. Untuk tes skb sudah tergantikan dengan sertifikat pendidik, dari semua syarat itu bisa dimungkinkan suatu saat guru bisa diusulkan untuk menjadi cpns dengan syarat tertentu. Misalnya guru bisa diusulkan cpns jika sudah sarjana dan linear dengan pendidikan yang diampunya, lolos pretes, mempunyai sertifikat pendidik dan NUPTK.

Jadi bisa disimpulkan bahwa suatu saat pengangkatan cpns guru diawali dengan kemampuannya yang sudah teruji mulai dari sarjana untuk kualifikasi akademiknya, lolos pretes untuk tes kompetensi dasarnya, lolos skb untuk sertifikat pendidiknya dan NUPTK untuk berkasnya. Bisa jadi kedepannya untuk menjadi cpns dari jalur guru harus melalui tahapan-tahapan itu.

Semoga tulisan ini bisa jadi penyemangat para guru yang tak pernah lelah mencerdaskan generasi bangsa. Karena guru adalah bekerja menstransfer ilmu agama dan ilmu umum yang sangat bermanfaat untuk generasi INDONESIA.

BACA JUGA

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of